Selasa, 19 Mei 2009

Penyakit Anak Muda Sekarang


Saya termasuk anak muda yang hidup di jaman yang serba modern saat ini. Tetapi saya punya pandangan lain tentang kehidupan remaja sekarang. Saya menyadari bahwa pengaruh globalisasi sudah merajalela terhadap kehidupan remaja. Saya tidak terlepas dari pengaruh tersebut. Tapi apakah pantas bila kita sebagai pewaris bangsa begitu mendewakan yang namanya TREN??Saya telah banyak menemui remaja-remaja seumuran saya yang begitu mudahnya terbawa arus globalisasi versi negatif tanpa melihat hakikat dari tujuan menjadi remaja yang sebenarnya. Sebagai contoh, yang pertama adalah soal mode. Jujur, saya sangat tidak suka melihat anak berbusana yang tidak mencerminkan dirinya sendiri. Banyak anak yang suka berbusana hanya untuk menunjkan bahwa mereka mempunyai baju yang bagus. Mereka tidak bisa menempatkan mereka pada situasi apa mereka memakai baju tersebut. Contohnya pada saat kerja bakti yang sedianya untuk berkotor-kotoran, malah memakai jeans. Ini tidak proporsional sekali. Baju itu menyebabkan mereka tidak berani kotor dan menghalangi mereka untuk bekerja bakti. Ini ironis sekali, masalah yang seharusnya sepele, malah menjadi rumit hanya gara-gara mode dan merugikan diri sendiri. Ini suatu pengamatan bagi saya.Contoh yang kedua adalah soal tren mempunyai pasangan sementara atau PACAR. Mengapa saya menyebutnya sementara?karena memang sifatnya adalah sementara. Hanya untuk main-main. Hanya untuk menunjukan bahwa kita bisa mendapatkan pasangan yang keren atau apalah. Memang alasan utamanya adalah cinta. Saya juga pernah mengalami yang namanya suka kepada lawan jenis, karena saya normal, tetapi saya tidak mengekspresikannya terlalu vulgar. Saya tidak mendewakan yang seperti itu. Menurut pengetahuan saya, yang namanya pacaran adalah masa dimana kita mengenal lebih jauh tentang kepribadian seseorang, jadi tidak ada yang namanya mesra-mesraaan itu. Itu bukan suatu cinta, tapi nafsu semata. Malah dalam hukum islam, pacaran adalah suatu hal yang dilarang, karena termasuk maksiat. Islam mengenal Ta'aruf.Melihat dari berbagai masalah itu, saya pribadi melihat remaja adalah suatu masa dimana seseorang mencari sesuatu yang akan dia temukan dimasa yang akan datang,mencari bekal yang akan dia gunakan di masa depan. Bekal tersebut ialah ilmu pengetahuan dan keterampilan. Jadi gunakanlah masa remaja sebaik-baiknya dan jangan lupa menyaring budaya luar dengan keimanan yang kita punya. Moga-moga kita dapat meraih apa yang kita impi-impikan. Dan jangan takut akan jodoh, sudah ada yang mengatur. Hehehehe. Sorry kalau ada salah kata, ini hanya demokrasi pendapat pribadi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by .  |  Template by Blogspot tutorial